Integrasi Sosial Dengan Tema Media Rempah Yang Ada Di Ruang Pamer SMAN 1 PAMOTAN

 Pada hari Selasa tanggal 10 Mei 2022 siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 2 diajak guru mapel sosiologi yang bernama Pak Suhadi untuk ke ruang pameran saat pelajaran sosiologi. Untuk melihat rempah-rempah yang ada di ruangan pameran untuk mengamati.
Kami IPS 2 dengan senang hati senang diajak pak Suhadi ke ruang pameran. Untuk melihat produk dari rempah-rempah seperti: bahan rempah-rempah,lukisan rempah-rempah, batik rempah, dan masih ada banyak produk lainnya.
Saat tiba diruang pameran kita di lihatin rempah-rempah yang dibawa murid-murid kemarin saat disuruh pak Suhadi. Rempah-rempah tersebut seperti: merica, daun salam, kencur, kayu manis, pala, kapulaga, cengkih, daun salam poja, kunyit, kayu secang, cabe kering, jinten, dan bawang putih.
Stelah itu pak Suhadi menceritakan tentang salah satu teman kita yang memproduksi hasil rempah, memproduk bahan rempah dengan segala bentuk lukisan rempah. Kemudian ditunjukkan lukisan rempah, lukisan tersebut berupa bawang putih. Murid-murid yang mempunyai bakat melukis disuruh ikut melukis. Lukisan tersebut bisa dijadikan pajangan atau hiasa ruangan.
Kemudian dijelaskan tentang lukisan bawang termasuk bawang ini dari mana , digunakan untuk masakan apa, dengan itu kita saling mengenal ikatan sosial satu sama yang lain dengan demikian lukisan rempah ada hubungan integrasi sosial satu sama lain. 
Selanjutnya, produk kreatif selain lukisan rempah adalah batik rempah. Batik rempah yaitu membatik diatas kain mori dengan motif rempah, batik rempah yang ada diruang pameran bermotif pala yang masih ada daunnya. 
Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk melukis seperti: kain, canting, dan malem.
Pesan atau hubungan tentang integrasi sosial dengan batik rempah. Batik rempah memiliki pesan yang kuat terhadap integrasi sosial maka memiliki hubungan yang kuat. Dengan menggunakan batik rempah diharapkan bisa mengenal rempah sedekat mungkin karena rempah memiliki hasit untuk masakan, kesehatan, untuk produk jual beli, kosmetik dan obat-obatan.
Dengan menggunakan batik rempah atau batik tulis bertulis rempah kita memiliki pesan dimana kita saling mengenal terikat satu sama yang lain. Misalnya rempah yang dari Sumatera, rempah yang dari Sulawesi, tempah yang dari Aceh. Seolah-olah kita mengenal satu sama yang lain sehingga kita terasa terikat dan dekat. Dengan itu diharapkan memiliki peran satu sama yang lain. 
Setelah di terangkan mengenai rempah- rempah, murid yang mau membuat sinematik dipersilahkan mengambil gambar detail untuk produk sinematik.
Setelah itu siswa disuruh kembali ke kelas untuk istirahat.




Nama.     : Faizatul Fitriyah
Kelas.      : XI IPS 2
No.absen: 14

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDOMAN PENGAMATAN & PERTANYAANPENGARUH WISATA PANTAI KARANGJAHE DALAM PERUBAHAN SOSIAL DESA PUNJULHARJO